Jejak Ramah Bumi ( Aku kamu kita untuk bumi )

Senin, 28 Maret 2011

Bersama River for live




Hai jeramiers…

Wkt hari sabtu, tgl 19 maret 2011

Nina, afi dan sarrah mengikuti kegiatan yg diadakan oleh river for life di muara bahari, Jakarta untuk Kegiatan disana diikuti juga oleh anak pramuka dan PMR murid smp di Jakarta, slh satu warga muara bahari, dan beberapa instansi yg peduli akan sungai kita susunan kegiatan disana pun cukup menarik yaitu :

1. membuat tempat sampah menggunakan bamboo bekas, karung beras dan serabut tali.
Ekonomis bukan??? Alasan utama manusia membuang sampah sembarangan yaitu pertama
bingung untuk membuang sampah karna di jalanan minim sekali tempat sampah dan alhasil
membuanglah sampah sembarangan, kedua membeli tempat sampah itu MAHAL!! Klo kita pikir, kita bisa membuat tempat sampah dengan menggunakan bahan yang sudah tidak terpakai lagi contohnya bamboo bekas, karung beras dan serabut tali yang murah meriah tsb bisa disulap jadi tempat sampah. Nah dengan sedikit pengajaran dari kakak pramuka, kita jadi tau membuat tempat sampah itu mudah dan tidak mahal. Hasil tempat sampah yg kita buat, kita sebarkan kepada warung-warung khususnya di pinggiran muara bahari agar tidak membuang sampah di sungai.

2. Turun sungai maksudnya kita memantau sungai muara bahari menggunakan perahu karet.
Asli ni pengalaman perdana nina naek perahu karet, hehe jadi curhat. Lanjut lg ke topik
pembicaraan kita. Disini kita memantau keadaan sungai dari waktu ke waktu apakah membaik
atau memburuk. Ternyata indah banget sampahnya, warna sungai semakin gelap sehingga tidak ada biotia yg hidup di sungai tsb dan aromanya pun sungguh nyengat sekali. Dengan kondisi yang memperhatinkan ini, apakah warga Jakarta masih enggan buang sampah ke sungai???? Apakah mereka tidak memikirkan dampaknya ke depan?? Klo bukan kita yang memelihara sungai tersebut, siapa lagi???? Dengan adanya pemantauan ini, setidaknya warga sekitar tau kondisi sungai muara bahari ini dan tumbuhlah rasa saling memelihara sungai kita ini.
3. Ada teaternya juga loh yang diperankan oleh mahsiswa IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Ada
penyegaran lah setelah berpanas-panas ria di Jakarta. Hehe. Tema dari teater ini menceritakan
sungai tempo dulu yang begitu indah, bersih dan sangat bersahabat dengan manusia.
Dibandingkan dengan sekarang sungguh sangat memprihatinkan.

4. Ada kegiatan nanem pohon juga loh di pinggiran muara bahari ini, gunanya agar aroma bau yg ditimbulkan sungai tsb berkurang dan tidak terlalu gersang. Jenis pohon yang kita pake klo tidak salah namanya pohon sanam, pohon ini sangat ajaib karena dapat tumbuh di kawasan yang air nya itu tercemar. AJAIB KAN!!
Nah…tadi sekilas mengenai kegiatan riverforlife. Cukup menarik kan! Mulailah kebiasaan membuang sampah ke tempatnya dari sekarang , klo tidak dibiasakan sejak dini membuang sembarangan akan selalu melekat pada diri kalian. Sayangi lah bumi kita untuk kehidupan yang lebih baik. Kita memelihara dan menyanyangi bumi ini dan begitu juga bumi akan menghasilkan yang lebih baik untuk kita sendiri. Mulai lah dari hal yang terkecil lebih dahulu. Dengan membuang sampah pada tempatnya.